Info Terbaru 2022

Contoh Soal Uas Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Beserta Tanggapan Part-4

Contoh Soal Uas Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Beserta Tanggapan  Part-4
Contoh Soal Uas Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Beserta Tanggapan  Part-4
Berbeda dengan soal-soal UAS B.Indonesia kelas 10 semester genap sebelumnya, yaitu soal UAS penggalan pertama hingga ketiga (soal nomor 21-30) yang berbentuk pilihan ganda, penggalan keempat atau terakhir goresan pena ulangan selesai semester ini berbentuk essay/uraian.

31. Karangan yang bertujuan menjelaskan suatu persoalan secara mendalam sehingga pembaca memperoleh pengertian yang terang disebut ....
Jawaban: eksposisi

32. Teknik yang dipakai dalam membaca tabel atau grafik yaitu ....
Jawaban: memindai

33. Daftar ringkasan fakta atau informasi berupa nama atau bilangan yang disusun urut ke bawah dengan garis pembatas sehingga memperringan dan sepele disimak disebut ....
Jawaban: tabel

34. Karya sastra usang biasanya bersifat pralogis. Pralogis artinya ....
Jawaban: diluar akal

35. Kampanye tertulis merupakan salah satu betuk paragraf ....
Jawaban: persuasif

36. Metode pidato dengan penerapan naskah tetapi hanya berupa catatan garis besarnya disebut ....
Jawaban: ekstemporan

37. Berdesik-desik daun buluh
Dibuai angin dengan sayang
Ayam berkokok sayap suara
Baris ketiga puisi di atas mengandung citraan...
Jawaban: pendengaran

38. Unsur dari luar dongeng yang membangun sebuah karya disebut ....
Jawaban: unsur ekstrinsik

39. Orang yang pandai berpidato disebut ....
Jawaban: orator

40. Paragraf yang memberikansikan imbauan atau permintaan kepada orang lain untuk melaksanakan sesuatu menyerupai dibutuhkan penulisnya disebut ....
Jawaban: persuasif

41. Sebutkan ciri-ciri sastra Melayu klasik!
Jawaban: 
a. Statis, artinya tetap, baik bentuk maupun tema
b. Istana sentris, artinya karya-karya yang dibentuk untuk kepentingan raja dan istananya
c. Anonim, artinya pengarang tidak disebutkan
d. Disajikan secara lisan
e. Berbahasa Melayu dan romantis
f. Menggunakan tema usaha baik-buruk, pendidikan moral, pahlawan, dan keagungan raja
g. khayal dan fantastis

42. Jelaskan bagian-bagian kerangka pidato!
Jawaban:
a. Penberlalu dan silaman
Penberlalu dan silaman dimulai dengan kalimat pembukan yang sanggup menarik perhatian para pendengar
b. Isi
Isi pidato terdiri atas penggalan atau rencana butir-butir yang hendak disampaikan, yakni berupa pikiran-pikiran utama
c. Penutup
Penutup atau kesimpulan sebaiknya tidak panjang. Penutup terdiri atas satu atau dua kalimat yang memberikansi kesimpulan, dan selanjutnya diikuti dengan ucapan terima kasih

43. Apa sajakah metode yang sanggup dipakai dalam berpidato?
Jawaban:
a. Metode serta-merta (impromptu)
Metode serta merata maksudnya pidato dilakukan tanpa persiapan atau tanpa memakai teks.
b. Metode menghafal
Metode menghafal maksudnya pidato dilakukan dengan menghafalkan naskah
c. Metode ektemporan
Metode ekstemporan maksudnya pidato dilakukan dengan menciptakan outline atau kerangka pidato terludang kecepeh berlalu dan silam

44. Sebuah unsur-unsur intrinsik cerpen!
Jawaban: tema, alur, latar, penokohan, sudut pandang, amanat, gaya bahasa

45. Buatlah sebuah paragraf persuasif!
Jawaban:
Kebengalan dewasa menyerupai perkelahian antarsekolah atau kebut-kebutan di jalan, tolong-menolong bukan hal baru. Kebengalan itu intinya disebabkan oleh keludang kecepehan energi pada remaja. Energi mereka berludang kecepeh dan tidak disalurkan dengan positif. Hal ini sesuai dengan sifat dewasa yang selalu dinamis. Mereka memerlukan bimbingan untuk penyaluran energinya itu. Dalam hal ini sekolah memiliki tugas yang penting untuk membimbingnya. Sekolah harus mengarahkan mereka untuk melaksanakan kegiatan yang ludang kecepeh berguna, menyerupai olahraga, musik, bakti sosial, tulis-menulis, dan sebagainya.
Dengan adanya kegiatan itu, berarti sekolah telah menyalurkan energi siswa sehingga tidak sempat berbuat yang negatif. Oleh lantaran itu, untuk memecahkan persoalan kebengalan dewasa di sekolah, sanggup disusun kegiatan kegiatan penyaluran energi siswa selain kegiatan belajar-mengajar.
Advertisement

Iklan Sidebar